Menyepelekan Hal Kecil

Daftar Isi [Tutup]
    Sebelumnya selamat datang kembali di BBM, salam sukses untuk anda semua yang telah mampir dan semoga bisnis anda semakin lancar. Satu pertanyaan untuk anda semua masih ingatkah dengan pepatah berikut "sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit". Klasik memang bahasa dalam pepatah tersebut, apalagi di jaman yang serba instant saat ini, semua maunya serba cepat, coba cari di google dan ketik "kaya dengan cepat" ada sekitar 4,410,000 apakah anda mau baca satu satu, monggo dan silahkan.

     Tapi percayakah anda semua itu bisa anda temukan dari hal kecil? apakah anda bisa buka browser bila anda aja tidak bisa membaca hayo...? Ya sangat jelas, cuma hal kecil yaitu anda bisa akses internet kan, dari mana ilmu itu apakah anda langsung bisa internet,....aha anda baru sadar kan, bahwa semua hal itu di mulai dari yang paling kecil termasuk dalam bisnis baik online maupun offline. Jadi menurut saya yang paling penting dan sangat krusial dalam bisnis adalah "jangan pernah sepelekan hal hal yang anda anggap kecil".

    Mulailah sesuatu dari hal yang paling kecil, paling sederhana dan paling mudah tentunya dengan action bukan hanya di angan angan atau mimpi, coba tanya Pak Joko Susilo yang nota bene adalah seoarang internet marketer pemilik Formula Bisnis.com yang sudah berhasil dalam bidangnya, apakah langsung sesukses seperti sekarang, jawabannya... ya tanya Pak Joko donk, masa tanya saya. Tapi anda bisa baca artikel artikel top dan akan membuat anda bersemangat untuk terjun di bisnis online, semua panduan beliau sudah tertulis di SMUO, jadi kalau anda mau seperti beliau ya beli aja teknik beliau untuk berhasil, di sini bisa kok. 

    Nah kalau anda masih kurang termotivasi silahkan main dan dapatkan pencerahan di blognya Mas Arief, salah seorang yang sangat saya saluti, di tengah kesibukannya entah sekolah ataupun kerja masih menyempatkan menulis tentang motivasi yang membangun semangat untuk terus maju dan berinovasi, salam Mas Arief terimakasih atas saran dan motivasinya. Itu salah satu contoh di bisnis online, nah berikut contoh yang saya ambil dari pengalaman yang saya baca dan sampai sekarang pun masih menjadi sesuatu yang sangat penting dalam pekerjaan saya sehari hari, selama kerja di retail.  

    Pada suatu ketika Sam Walton pediri Retail terbesar di dunia (wal mart) sedang berjalan dengan para eksekutifnya, tiba tiba dedepannya ada uang recehan. Para eksekutifnya bertaruh bahwa Sam Walton pasti tidak akan mengambil uang receh tersebut, karena dia adlah seorang konglomerat. Tapi dugaan mereka salah, dia mengambil uang itu dan dipegangnya sambil berbicara "satu sen satu saat kalau setiap orang peduli dan mau mengupulkan sen demi sen niscaya akan jadi satu dollar". 

    Coba anda telaah sedikit cerita di atas, bukan harus mirip tapi hargailah hal kecil walau itu kelihataanya sepele buat anda, seribu tidak akan jadi seribu bila kurang satu rupiah. Jadi kesimpulannya adalah jangan sepelekan langkah kecil anda dalam memulai bisnis di internet, sekecil apapun kemajuan anda hargailah dan berikan perhatian karena mungkin dari situlah anda akan dapat ide. Newibie seperti yang nulis ini, "ibarat seorang bayi, yang baru belajar ngomong, belajar jalan, semuanya serba baru". 

    Tapi anda bisa lihatkan semangat sang bayi, begitu antusias belajar jalan jatuh bangun, jatuh bangun lagi sampai akhirnya bisa berjalan sendiri dan sekarang sedang pelototin layar komputer lagi asyik baca artikel, wekeke. Sukses itu tak segampang kata kata, tapi juga tidak harus jadi momok, yah mana mungkin saya bisa sukses di bisnis internet orang ngerti internet aja baru sebulan, itu untuk orang yang skeptis. Padahal kalau mau mengambil hal positifnya oh ya ini dunia baru, harapan baru, kesempatan baru dan ilmu baru saya harus bisa, dengan memulai hal paling kecil dan sepele mungkin seperti membuat email. 

    Coba bayangkan anda mau bisnis di internet cuma terpaku dengan hal besarnya saja "cara cepat kaya lewat internet" gimana bisa lha wong anda aja ndak punya email, ibarat kata "anda pake jas lengkap dengan dasi tapi ga pake celana" apa kata dunia, anda punya rumah tapi ga tahu alamatnya alamat ga bisa pulang mas. Coba anda baca tulisan di header BBM dan artikan sendiri ya "Starting the steps of what you think is the first step towards your success".  

    Sekian dulu sebuah uneg uneg saya yang saya tuangkan lewat tulisan ini, semoga bermanfaat untuk anda yang sudah mampir di BBM dan sudi membaca atau syukur anda mau meninggalkan pesan anda untuk saya lewat tulisan ini. Mohon maaf sekirannya ada kata kata atau bahasa yang kurang pas, sekian dan terimakasih salam sukses luar biasa untuk anda semua. 

    Warm Regards.  

    Muklis Purwanto on BBM 



    18 comments:

    1. bener sekali mas, kita tidak mungkin menjadi besar, kita pasti dari kecil dulu, artikel mas mengingat kan saya dulu, waktu pertama kali mengenal dunia internet, saya minta ajarin anak smp untuk membuat email. malu juga sih, tapi kalau gak begitu gak mungkin saya bertemu dengan mas dan teman2 semuanya di dunia maya ini..hehehe..suksek selalu ya mas..

      ReplyDelete
    2. smuanya butuh kerja keras...klo langsung besar, bisa jadi pertanyaan besar..soh nymbung gk yha :D

      ReplyDelete
    3. untuk meraih keberhasilan memang perlu proses panjang yang dimulai dari hal yang kecil.dalam menjalani proses tersebut diperlukan kerja keras,kesabaran,keuletan,ketelatenan dan juga harus dilandasi kejujuran. biar kesuksesan yang kita raih menjadi bermartabat.salam sukses

      ReplyDelete
    4. To my best friend,
      Mas Yanuar, terimakasih mas atas kunjungan dan sharingnya tentang topik ini, semua toh penting asal jgn mengesampingkan suatu hal yang di anggap kecil, sukses mas yan

      ReplyDelete
    5. Dear Mas Ifat,
      Terimakasih atas kunjungannya, benar mas apa yang anda bilang klo langsung besar tanpa proses dari kecil apakah mungkin, dan pastinya akan jadi tanda tanya besar dunk, dan pastinya akan timbul....,
      salam sukses mas

      ReplyDelete
    6. Dear Ary,
      Terimakasih kunjungannya di BBM, dan terimakasih atas sharingnya, salam sukses ya

      ReplyDelete
    7. Iya sesuatu yang kecil apabila ditekuni akan menjadi sesuatu yang besar. Maka jangan pernah menganggap kecil segala sesuatu karena segala sesuatu tercipta dari hal yang kecil terlebih dahulu. SALAM KENAL DARI SAYA BANG MUKLIS

      ReplyDelete
    8. Dahsyat dan bermanfaat...

      Bagaimana Tuhan akan memberikan kita hal yg besar ketika hal yang kecil kita tidak bisa menghargai...

      Justru hal besar dibangun dari hal2 yg kecil... Jadi mulailah menghargai hal2 kecil itu, dan perhatikan apa yang terjadi dengan hidup anda...

      itu... (Gaya Mario Teguh Mode : ON)

      Salam Sukses
      Arief Maulana | TDW Financial Revolution
      www.TDWFinancialRevolution.com

      ReplyDelete
    9. Maknanya sangat dalam Mas tentang kalaimat ini "satu sen satu saat kalau setiap orang peduli dan mau mengupulkan sen demi sen niscaya akan jadi satu dollar"

      Itu bisa juga kita artikan, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

      ReplyDelete
    10. Dimulai dari yang kecil dan mudah dulu memang mas.. klo semua harus diawali dengan langkah sulit dan besar, pasti gak kuat menahan beban.. A thousand steps begin from first step.. walah..

      ReplyDelete
    11. Semua hal yang besar di mulai dari hal-hal yang kecil, hal-hal yang kecil adalah menjadi dasar untuk membangun sesuatu yang lebih besar. Saya setuju, siapa yang menyepelekan sesuatu yang kecil akan celaka....Ingat orang akan lebih mudah terantuk batu yang kecil daripada oleh batu yang besar. Menarik sekali mas informasinya.
      Salam sukses. Dahsyat !!!

      ReplyDelete
    12. Special thanks to Mas Arief berkenan lagi mampir di BBM, thanks mas atas suport dan mau sharing di BBM, semoga nanti kedepannya materi tentang motivasi di BBM makin berkembang dan makin berisi, thanks one again to you Mas Arief

      ReplyDelete
    13. Dear Mas Zam, trims telah berkenan mampir di BBM, mmm oleh olehnya mana Mas, thanks Mas Atas suport dan sharingnya di BBM dan salam sukses Mas Zam.

      To Mas Lalu terimakasih kunjugannya dan salam kenal juga, salam sukses ya

      To Mas Ayas, semoga menjadi inspirasi yang mantab Mas, dan selamat mencari uang lagi, terimakasih kunjugannya salam sukses

      ReplyDelete
    14. To Mas Sum, terimakasih mas atas dharingnya di BBM semoga bisa bermakna dalam di dalam kehidupan kita semua, salam sukses Mas Sum.

      Mas Sugiana, terimakasih telah mampir di BBM, dan thanks atas tambahan makna di BBM semoga sukses senantiasa di tangan Mas, Bravo

      ReplyDelete
    15. bbm memang dashyat, terima kasih sudah berbagi uneg2 nya

      ReplyDelete
    16. Met sore Mang Dadang, terimaksih suportnya mang, salam hangat dan sukses luar biasa untuk Mang Dadang

      ReplyDelete
    17. Ya dari kecil dulu, sehingga menjadikan memori yang indah jika telah besar. Coba jika kita terlahir langsung bisa berdiri dan berlari, yang pasti orang tua dan kita sendiri tidak akan mendapatkan memori indah ketika kita melakukan langkah pertama.

      Salam kenal dan salam sukses

      ReplyDelete
    18. sesuatu yang besar diawali dari hal-hal yang kecil, memang benar mas jangan pernah sepelekan hal kecil :)
      salam kenal

      ReplyDelete