Lihatlah Lebih Jauh

Daftar Isi [Tutup]
    Motivasi diri untuk meraih kesuksesan dalam hidup dan bisnis Salam sukses luar biasa untuk anda rekan rekan netter, semoga bisnisnya tetap lancar dan makin maju sehingga dapat meraih kesuksesan yang di rencanakan. Sedikit berbagi pengetahuan dan motivasi diri untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan dan bisnis baik online maupun offline. Menjadi insan sukses atau insan yang besar haruskah mempunyai skill atau kemampuan teknis yang ahli dalam bidang bisnis yang di geluti, menurut saya itu bukanlah faktor mutlak atau sebuah jaminan untuk menjadi insan yang sukses.

    Untuk menjadi insan yang sukses atau besar selain mempunyai kemampuan teknis dalam bidang bisnis yang di tekuni haruslah mempunyai sebuah sikap mental yang bersungguh sungguh dan tekun dalam menjalankan bisnis/pekerjaan yang di jalani, menghayati dan mencintai tiap detail dari bisnis/pekerjaannya, mau melihat lebih jauh dari sekedar kemampuan yang di miliki, dan berani mencoba untuk melakukan dan mengimplementasikan apa yang di fikirkan ke dalam tindakan nyata.

    Sebuah cerita semoga bisa membangkitkankan motivasi diri, untuk menjadi lebih baik dam menjadi insan sukses baik dalam biasnis maupun kehidupan ini. Sebuah cerita tentang seorang "door checker" (pemeriksa engsel pintu kamar hotel) yang bekerja pada sebuah hotel berbintang yang cukup terkenal dan bonafide, dia sudah tua dan... sudah bekerja selama puluhan tahun di hotel tersebut hanya sebagai "door checker" pekerjaan yang sangat membosankan dan upahnyapun tidaklah lah besar, tapi dia begitu besungguh sungguh dan tekun dalam dalam menjalani setiap detail dari pekerjaannya tersebut. 

    Ketika suatu saat di tanya apakah dia tidak bosan dengan pekerjaan yang sangat menjemukan dan membosankan, apa yang dia jawab, " orang yang bertanya adalah orang yang tidak mengerti akan tugas atau pekerjaanya". Upps jangan kaget, kenapa? karena buat dia tugas utamanya bukanlah memeriksa engsel pintu, tetapi memastikan keselamatan dan menjaga nyawa para tamu hotel tempat dia bekerja, lho...lho...kok bisa begitu, dia menjelaskan bahwa jika suatu saat terjadi sesuatu yang tidak pernah di inginkan suatu misal terjadi kebakaran dan tamu di dalam kamar tidak bisa keluar karena engsel pintu macet atau rusak maka nyawa para tamu jadi taruhannya, kalau sampai ada tamu yang meninggal , maka para tamu akan lari dan meninggalkan hotel serta tidak akan pernah kembali untuk menginap di hotel tempat dia bekerja, yang akhirnya hotelnya merugi yang beimbas akan banyak karyawan hotel yang kehilangan pekerjaan termasuk dirinya, termasuk keluarga mereka. 

    Begitu jauh pandangan seorang "door checker", bagaimana dengan rekan rekan? Menghargai bisnis/pekerjaan merupakan sebuah sikap mental yang harus di punyai oleh setiap insan yang pingin meraih kesuksesan dalam bisnis/pekerjaannya. Trus apa yang bisa di ambil pelajaran dari cerita tadi, ini kesimpulan yang bisa saya ambil, dan rekan rekan bisa menambahkannya.  

    Pertama,  
    bahwa untuk menjadi insan yang sukses di dalam bisnis/pekerjaanya tidaklah semata mata karena kemampuan teknis atau skill yang di miliki, tapi lebih ke sikap mental yang di punyai dalam menjalankan bisnis/pekerjaannya, kemampuan boleh sama tapi sikap mental setiap orang sangat berbeda tergantung dari sudut pandang mana dalam menghargai sebuah bisnis/pekerjaan. 

    Kedua
    untuk bisa mempunyai sikap mental yang positif maka haruslah di tanamkan positif thinking ke dalam otak, jangan hanya menjalankan bisnis/pekerjaan apa adanya bila target sudah terpenuhi ya sudah beres, bukan...bukan seperti itu, tapi mau berubahlah untuk menyesuaikan diri dan berani mencoba sesutu yang baru, jangan menganggap sesuatu yang baru itu sebagai musuh tapi anggaplah sebagai partner untuk mendukung kesuksesan bisnis/pekerjaan yang di jalani.  

    Ketiga,  
    mulai implementasikan apa yang ada di dalam alam pikiran karena ke dalam tindakan nyata, Starting the steps of what you think is the first step towards your success (memulai langkah dari yang anda fikirkan adalah langkah awal untuk meraih kesuksesan). Salah dan gagal itu sudah biasa dalam hidup berbisnis dan gunakan itu sebagai pengalaman dan petunjuk untuk tidak menggulangi sebuah kesalahan yang sama. Beranilah untuk "melihat lebih lebih jauh" kolega, teman, atau mungkin saingan anda bahwa mereka adalah partner untuk meraih kesuksesan dalam bisnis/pekerjaan kita. 

    Kiranya sekian sharing saya kali ini, saya tunggu feedback dari rekan rekan, dan semoga bisa menambah wawasan dalam memotivasi diri untuk menjadi lebih baik dan meraih kesuksesan baik dalam bisnis maupun pekerjaan, kurang lebihnya mohon maaf bila terdapat kata kata yang kurang pas atau kurang menggenakan.

    Warm regards,  

    Muklis Purwanto. 

    18 comments:

    1. hidup bisnis online...

      ReplyDelete
    2. Tiga kesimpulan yang cerdas mas. Sukses buat Mas Muklis, perkembangan blognya sungguh fantastik. Saya ketinggalan beberapa set nih ..he..he..

      ReplyDelete
    3. Tiga kesimpulan yang cerdas, mas. Terus maju, tulisannya sungguh penuh inspiratif

      ReplyDelete
    4. Saya hanya ingin menyoroti point pertama saja, saya setuju dengan pendapat Mas Mukhlis mengenai sikap mental ini. Kenyataan sudah membuktikan bahwa mental memang memegang peranan penting untuk sebuah kesuksesan, walaupun kemampuanya pas-pasan namun dilandasi oleh sikap mental yang kuat dan percaya diri yang kuat, kesuksesan lebih suka menghampirinya. Contoh : Bob sadino ngga punya latar belakang pendidikan pertanian toh nyatanya bisa sukses sebagai pengusaha agribisnis, kuncinya : Mental yang kuat.
      ============
      Salam sukses

      ReplyDelete
    5. lihat lebih jauh jauh dan jauh lagi tapi jangan sampai kejauhan takut g kembali
      byme salam kenal

      ReplyDelete
    6. Cerita yang saya tangkap dari kisah "doorcheker" adalah apapun jenis pekerjaan yang kita lakukan bisa menjadi sebuah arti yang besar bagi orang lain bila kita mengerjakannya dengan iklas dan sungguh".
      Sebuah cerita sederhana yang cukup menginspiratif mas.

      -salam istimewa-

      ReplyDelete
    7. Cerita tentang tukang engselnya inspiratif banget Mas Muklis. Kesimpulan saya sama persis dengan Mas Ricky.

      Btw, judulnya masih konotatif kan?
      Agar tidak terjerumus ke peribahasa yang salah saja, yaitu:
      Semut di seberang lautan tampak, tapi gajah di pelupuk mata tak tampak :)

      Salam Istimewa!

      ReplyDelete
    8. wow.. seorang door checker yang memiliki pemikiran seorang pemimpin.. hebat. Sungguh beruntung memiliki seorang karyawan yang seperti itu dan saya kira dia layak mendapatkan upah yang besar. Nah bagaimana dengan penjaga lintasan rel???

      ReplyDelete
    9. Salam Kenal Mas,
      Memotivasi diri untuk maju adalah hal yang penting dan krusial.
      *JADILAH INSAN YANG LUAR BIASA DAN JANGAN JADI INSAN YANG BIASA-BIASA SAJA*.
      Dengan demikian langkah kita akan selalu terarah pada satu tujuan : *SUKSES*.

      Sukses Untuk Kita Bersama

      ReplyDelete
    10. :)] salam kenal mas...
      Jadi orang yang kreatif dan mau bekerja dengan ikhlas soal inovatif belakangan

      ReplyDelete
    11. Selamat Sore Mas Muklis, infonya sangat memotivasi.
      Untuk sukses, orang harus berani membayar harganya.
      Salam sukses buat blog bisnis muklis.

      ReplyDelete
    12. Terimakasih sebelumnya saya ucapkan kepada teman teman yang sudah berkunjung dan mohon maaf karena baru bisa di respon, karena ada satu dan lain hal yang tidak bisa saya sebutkan disini, terimakasih dan salam sukses,
      @Mas Indera terimakasih atas sumbang saran dan kunjungannya juga salam kenal
      @Mas Sum terimakasih atas suportnya selama ini di blogbisnismuklis, salam sukses mas
      @Mas Sugi salam kenal dan terimakasih atas kunjungan dan saran pemikirannya, sukses selalu Mas

      ReplyDelete
    13. Salam sukses untuk anda,
      @Mas Ricky, terimakasih telah berkunjung dan sukses selalu sangat dalam saran dan ulasannya terimaksih
      @Mas Byme, terimakasih kunjungannya semoga tidak terlalu jauh mas he...he...
      @Mas Sulastiono terimakasih kunjungannya juga saran nya Mas, sukses selalu

      ReplyDelete
    14. Tuk My Special Figure, Mas Guru Umar, terimakasih atas segala suport dan sarannya dan semoga saya tidak menjadi orang seperti dalam perumpamaan tersebut ya Mas Guru, salam sukses Mas Guru juga atas Rumah barunya BG,
      Tuk My Best Friend Mas Zam, terimakasih atas petuahnya mas, juga perhatiannya terhadap BlogBisnisMuklis, sukses terus ya Mas Zam

      ReplyDelete
    15. Met Malam Mas Epi, terimakasih telah mampir, maaf belum sempat mampir balik, terimaksih pula atas tambahan ilmunya, bahwa semua pasti ada harga yang harus kita bayar
      Dear Rekan Bisnisku, salam sukses Mang Dadang, kumah damang atuh mang, terimakasih sudah mampir, saraanya sangat membantu kemajuan blogbisnismuklis Mang Sukses teruuuus Mang

      ReplyDelete
    16. Mlm mas Muklis, saya sangat senang jika mendengar kata2 luar biasa, karena kata2 tersebut bisa melahirkan yg luar biasa juga.

      sya baca tulisan nya memang betul mas, masalah tkhnis gampang dicari, apalagi diinternet yg disebut-sebut gudang nya informasi, tapi yg namanya mental,positif thinking dan peng implementasian tidak hanya bisa dibaca saja tapi mutlak harus di pahami dan dijalani.

      Yg menjadi penentu memang ternyata hal2 klasik mas, yg terkadang sering kita lewati.

      btw sya juga pernah membahas nya di blog sya beberapa waktu yg lalu tentang " Tiga hal mendasar penentu keberhasilan" salam mas..

      ReplyDelete
    17. Selamat malam Mas Santika, terimakasih atas kunjungannya dan juga dorongan semangatnya untuk blog ini, semoga makin luar biasa bisnisnya, salam hangat dan salam sukses luar biasa untuk anda

      ReplyDelete